Comments

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013 - Ketentuan dan Aturan yang harus dipenuhi oleh calon Peserta Bidik Misi 2013 ini tercantum dan harus dipenuhi oleh keseluruhan Calon Peserta. Bidik Misi adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi, dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi yang baik semasa sekolah di SMA.

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013
Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013
Bidik Misi 2013 ini sebenarnya telah terintegrasi dengan program SNMPTN Undangan 2013. Bagi siswa yang memiliki prestasi baik di sekolah dan konsisten untuk semester 3, 4 dan 5 diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi dengan sangat mudah. Integrasi dengan SNMPTN Jalur Undangan itu nantinya akan terlihat pada langkah akhir proses rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah. 

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013

Jadi, jika penghasilan orang tua siswa yang mendaftar SNMPTN Undangan memenuhi syarat, siswa bersangkutan dapat langsung mendapatkan rekomendasi untuk terdaftar sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi.

Semoga Jalur ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk Calon Mahasiswa yang benar-benar tidak mampu dan berprestasi atau minimal punya semangat yang tinggi terhadap pengembangan dunia pendidikan.

Oke, peraturan berikut ini adalah syarat untuk tahun 2012, karena belum ada info terbaru kemungkinan besar syarat dan ketentuan masih sama dengan tahun 2012. Semoga tetap seperti ini aturanya.

Berikut ini Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Calon Peserta Beasiswa Bidik Misi 2013 :
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013 
  2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun 
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut: #Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp 3.000.000,00 setiap bulan; #Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 600.000,00 setiap bulannya; dan #Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4. 
  5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri (sekarang hanya berlaku jalur undangan) harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2012) 
  6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2013 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut: Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5. 
  7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS) 
  8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2 
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke: Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis)
  10. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan 10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi; 
  11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Oke selamat berjuang dan jangan lupa berdo'a agar Anda masuk seleksi dan diterima lewat jalur SNMPTN maupun Bidik Misi ini. Amiien. ^^


Download : PEDOMAN BEASISWA BIDIK MISI 2012  (Masih mengacu pada peraturan tahun 2012)
referensi : http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id

Ditulis oleh: White Line Code Hari: 3:54 AM Kategori:

avatar eFTutor ~ Kumpulan Tips dan Triks
Berbagi dalam Blog dan Forum Facebook, share gratis.
Jarang Turu Garai Kuru, Kakean nge~Blog Garai Goblog.
=> Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Skripsi

14 komentar :

  1. klau lulusan thn 2012 cra pndftran bidik misi gmna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sama, minta no akses dari pihak sekolahan..
      baru nanti dibuat login di daftar.bidikmisi.dikti.go.id...
      atau lebih jelasnya bisa akses we..

      http://bidikmisi.dikti.go.id

      Delete
  2. Ass...
    Saya sudah mendaftar lewat snmptn jalur undangan tetapi bidikmisinya saya terlambat mendaftar dan akhirnya di kartu pendaftaran bidikmisi ku pilihan seleksi mandiri bukan seleksi snmptn undangan. Umpanya saya lulus lewat snmptn undangan dan apakah bisa diterimah sebagai bidikmisi meskipun dikartu bidikmisiku tertera seleksi mandiri?. Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu juga perrtanyaan yg sulit saya jawab...
      tp kmungkinan dapt juga mnjadi peserta bidik misi..
      buat jaga2 data2 yg ada dibidik misi diunduh dan di print ya..
      agag nunjukin klo peserta bidik misinya. .

      Delete
  3. saya juga sudah keterima di snmptn , tapi saya terlambat mengetahui informasi bidik misi yang harus daftar di dikti juga.. apakah saya sudah tidak bisa mendaftar bidikmisi lagi? bagaimana nasib saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau utk hal ini..
      sebaiknya langsung di tanyakan ke Helpdesk Bidik Misi.
      kemungkinan masih dapat dan masuk dalam Bidik Misi.

      Delete
  4. Bagaimana sistem peraturan dalam pencairan dananya? Mhon penjelasannya?

    ReplyDelete
  5. Bagaimana sistem peraturan dalam pencairan dananya? Mhon penjelasannya?

    ReplyDelete

Budayakan Bertanya dan Berkomentar dengan Sopan.